Uraian
Radiator didinginkan
oleh udara luar. Tetapi pendinginnya belumlah cukup bila kendaraan tidak
bergerak. Kipas pendingin ( cooling fan)
bertujuan untuk menambah pendinginan. Kipas pendingin ditempatkan di belakang
radiator.
Kipas pendingin digerakkan oleh poros engkol melalui
tali kipas belt atau dengan motor listrik.
Ada dua tipe system penggerak dari kipas pendingin,
ada yang digerakkan secara mekanikal (melalui tali kipas) ada juga yang
menggunakan system elektrik :
a.
Sistem
Kipas Pendingin yang digerakkan oleh Belt.
Kipas
pendingin jenis ini digerakkan terus-menerus oleh poros engkol melalui tali
kipas. Kecepatan kipas berubah sesuai dengan kecepatan mesin. Bila mesin
berputar dengan kecepatan tinggi, kipas juga berputar dengan cepat dan putaran
ini menambah tahanan pada saat yang sama. Ini menyebabkan kehilangan tenaga dan
menimbulkan bunyi pada kipas.
Kopling fluida (sealed silicone oil)
biasanya dipasangkan antara pompa air dan kipas pendingin untuk mengatasi
problem seperti tersebut diatas.
Tali kipas penggerk kipas pendingin
digerakkan oleh V-belt atau dengan tali kipas yang bergigi (ribbed belt).
2.
Sistem Kipas Pendingin yang
digerakkan oleh Motor Lisrik.
Kipas
pendingin digerakkan oleh motor listrik. Motor listrik ini menerima sinyal dan
sensor temperatur pendingin yang dikirimkan dari kepala silinder. Ketika
temperatur meningkat pada suatu tingkat yang ditetapkan, sinya ini merangsang
motor relay menggerakkan motor, dan kemudian menggerkkan kipas pendingin. Kipas
pendingin hanya bekerja jika dibutuhkan. Ini berarti bahwa mesin dapat mencapai
temperatur operasi yang optimal dengan lebih cepat. Selain itu juga membantu
mengurangi penggunaan bensin dan bunyi kipas.
Komponen
komponennya :
1.
COOLING
FAN
Fungsi :
Untuk mensirkulasikan ( mengalirkan ) udara melalui sirip – sirip yang pada
radiator
Cara
membangkitkan aliran udaranya ada 2 cara
1. Dengan
menggunakan kipas ( cooling fan )
2. Dengan
kendaraan lari cepat.
Cooling fan ada 2 macam :
~
Diputar menggunakan motor listrik
~
Diputarkan oleh mesin dengan perantaraan tali kipas ( Fan Belt )
2.
Pulley
pulley
adalah suatu alat mekanis yang digunakan sebagai sabuk untuk menjalankan
sesuatu kekuatan alur yang berfungsi menghantarkan suatu daya. Cara kerja
Pulley sering digunakan untuk mengubah Arah dari gaya yang diberikan,
Mengirimkan gerak rotasi, Memberikan keuntungan mekanis apabila digunakan pada
kendaraan.Fungsi dari Pulley sebenarnya hanya sebagai penghubung mekanis ke
AC,Alternator
Kesimpulan
Kipas
pendingin sangat di perlukan bagi mesin untuk menstabilkan panas yang
dihasilkan oleh mesin dan membantu mengurangi penggunaan bensin dan bunyi
kipas..
V
BELT
Fungsi
dan Komponennya
Selain menggerakkan kipas pendingin
tali kipas juga digunakan untuk menggerakkan komponen lain seperti alternator,
pompa power steering, kompresor pendingin udara, dan komponen lain, dikarenakan
sistem ini sangat sederhana dan tidak memerlukan pelumasan.
V
belt umumnya terdiri dari karet sintesis, tertron atau penguat lainnya, dan
dilapisi dengan kanvas pada kedua sisinya. V belt tipe COG dengan gigi semi
semi elliptical adalah salah satu jenis dari V belt.
Macam
macam V belt :
1. Timing Belt
Timing belt, juga dikenal sebagai bergigi, takik,
gigi, atau sabuk sinkron, adalah sabuk transfer positif dan dapat melacak
gerakan relatif. sabuk ini memiliki
gigi yang masuk ke dalam pulley
bergigi pencocokan.
2.
V ribbed belt
Tipe ini memiliki penampang seperti gambar, untuk
tipe ini memiliki tebal keseluruhan yang lebihkecil jika dibanding tipe Vbelt,
vribbed belt juga cenderung menimbulkan panas yang kecil karena bagian yang
bersentuhan dengan pully penggerak lebih sedikit.
3.
Serpentine belt
Untuk
tali kipas model ini adalah tipe yang banyak digunakan pada kendaraan modern
saat ini, tipe ini menggerakkan semua komponen seperti alternator, pompa power
steer, dan lain-lain dalam satu tali kipas otomatis panjang keseluruhan mesin
dapat dikurangi sehingga memperkecil penggunaan ruang mesin, model ini juga
memiliki daya tahan yang bagus, dikarenakan terbuat dari bahan khusus maka tali
kipas model ini agak lebuh mahal dibanding model lain
Kesimpulan
Karena V belt sangat sederhana, dalam pemindai daya, V belt sering digunakan pada
setiap bagian mesin, dalam perawatannya sendiri sangat mudah , karena tidak
dibutuhkan pelumasan.
SOAL
1)Mengapa kipas pendingin sangat diperlukan dalam
mesin ?
Jawab
: Sistem pendingin sangat di perlukan bagi mesin agar tenaga yang dihasilkan
dapat optimal dan menstabilkan panas yang dihasilkan oleh mesin.
2)Bagaimana tahapan pada kipas pendingin dengan
motor listrik?
Jawab : Motor listrik ini menerima sinyal
dan sensor temperatur pendingin yang dikirimkan dari kepala silinder. Ketika
temperatur meningkat pada suatu tingkat yang ditetapkan, sinya ini merangsang
motor relay menggerakkan motor, dan kemudian menggerkkan kipas pendingin
3)Bagaimana kipas pendingin dapat digerakkan ?
Jawab : kipas pendingin digerakkan oleh poros engkol
melalui tali kipas (belt) atau motor listrik.
4)Mengapa V-belt umumnya menggunakan karet sintesis
?
Jawab : karena lebih tahan terhadap bahan kimia yang
ada di sekitarnya.
5) Pada bagian mesin apakah yang menggunakan V-belt
?
Jawab : Pompa air,
alternator, pompa power steering dan pendingin compressor.
0 comments:
Post a Comment